Beberapa orang lebih menyukai warna tertentu seperti warna merah, kuning, biru, orange dan lain sebagainya dan sebaliknya, sebagian orang tidak menyukai warna tersebut. Warna mampu membangkitkan reaksi emosional terhadap orang yang melihatnya.
Begitu pentingnya peranan warna dalam menyampaikan pesan atau
komuniskasi visual terutama seperti marketing, branding dan corporate identity.
Begitu pentingnya arti warna dalam kehidupan
sehingga pada dunia desain penting sekali untuk memahami arti dari warna
beserta efek emosional dan psikologis yang ditimbulkannya. Berikut ini adalah
kilasan dari arti warna-warna secara umum untuk desain logo yang baik.
Alam bawah sadar manusia sudah terbiasa memberikan respon tertentu terhadap warna. Sebagai contoh warna hitam pada budaya Eropa biasa digunakan dalam acara kematian sedangkan
pada budaya china justru warna putih. Warna dapat menyampaikan
pesan sublimasi tentang persepsi dan indra sensori manusia yang mampu mengubah cara berpikir seseorang tentang sebuah objek. Bahkan sejak jaman purba hingga
modern, manusia bergantung pada kemampuan mengindentifikasi warna
demi kelangsungan hidup mulai dari membedakan makanan yang beracun hingga pada
rambu lalu lintas.
ARTI WARNA
ORANGE
Merupakan warna hangat dan ramah yang membuat orang merasa nyaman. Orange ialah kombinasi warna merah dan kuning. Orange
berhubungan dengan cakra sakral dan diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran
kemih dan organ repoduksi. Dia juga meningkatkan metabolisme, memperkuat
paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning,
sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan hangat. Warna
ini (selain merah dan biru) sering di gunakan pada tombol website yang
penting, seperti buy now , register now dan lainnya yang sejenis, istilahnya
adalah call to action button. Dari sisi psikologis sebenarnya warna oranye
memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit gaduh. Mungkin karena sebab itulah
warna ini paling banyak di pakai untuk menarik perhatian orang.
ARTI WARNA BIRU
Biru termasuk salah satu warna paling banyak dipakai dalam desain logo dan hampir pada semua logo perusahaan. Karena biru melambangkan sesuatu yang luas dan tanpa batas. Biru menggambarkan rasa tenang, berwibawa, percaya diri, kesetiaan dan kesuksesan. Warna biru juga dapat meningkatkan nafsu makan. Sehingga tepat sekali jika kita menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Warna biru adalah warna yang menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna biru juga dapat meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru sering di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering dianggap sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa dipakai untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
Desain logo huruf T sebagai berikut :
|
|
|
Anlot-001 | Anlot-002 | Anlot-003 |
|
linkgambar5 | linkgambar6 |
Anlot-004 | namagambar5 | namagambar6 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar